Quote

Pernah dengar sebuah daerah wisata di Bandung yang bernama De Ranch? Bagi Anda yang belum pernah ke daerah ini, mari ikut saya untuk hunting Steak dan Sosis ala de Ranch.

Daerah wisata keluarga yang terletak di kawasan Lembang menuju Maribaya ini dibuat menyerupai sebuah peternakan (ranch) yang dilengkapi dengan fasilitas outbound seperti panjat tebing, flying fox, berkuda, kolam bermain anak, balon yang bisa dimasuki manusia dan digelindingkan di atas air, juga beberapa macam permainan anak lainnya.

De Ranch

Ada tenda suku Indian

Binatang yang diternakkan di sini adalah sapi, kambing, kuda, dan domba. Sapi yang ada di sini memang khusus diternakkan untuk dimanfaatkan daging dan susunya untuk pembuatan sosis, yoghurt, dan steak. Sedangkan kambing dan domba, sebagian dimanfaatkan untuk dibuat masakan seperti lamb chop, dan sebagian lagi dipakai untuk menarik gerobak domba yang memang khusus dibuat di arena permainan anak.

Sapinya gemuk-gemuk ya

Kandang Kambing

Yang paling khas di De Ranch ini adalah susu murni, sosis, dan steaknya. Saya melihat di sini ada sosis kesukaan saya yaitu sosis bockwurst yang berukuran besar dan panjang. Jenis sosis yang aslinya berasal dari Jerman dan berwarna krem muda ini, bahan dasarnya ada yang terbuat dari daging babi giling atau daging sapi giling. Yang dijual di De Ranch ini hanyalah yang berbahan daging sapi giling. Cara memasaknya pun beragam, dari mulai dibakar, dipanggang, hingga digoreng. Biasanya sosis ini dihidangkan dengan ditemani oleh salah satu dari baked beans, roti, french fries atau baked potato, dan salad. Hmm…

Bockwurst Bakar

Steak daging sapi dan lamb chop yang juga menjadi menu andalan di De Ranch ini sangatlah menggiurkan karena dagingnya langsung didatangkan dari peternakan di sana, sehingga rasanya pastilah segar dan nikmat. Yang menjadi favorit saya adalah Tenderloin Steak yang dimasak medium-rare. Dengan dimasak medium-rare, maka juice daging yang dikeluarkan saat proses memasaknya masih akan terasa pada saat kita menyantapnya. Manis dan gurih. Seperti biasa, steak yang dihidangkan selalu ditemani oleh french fries, veggie salad, serta mushroom sauce. Namun rasa dari mushroom sauce ini, terutama, sangatlah berbeda dengan yang lain. Susu yang dicampurkan di dalamnya terasa agak mendominasi sauce ini. Enak sekali. Ini yang menjadi ciri khas steak De Ranch. Ah, tidak sabar rasanya ingin kembali ke sana.

Steak, anyone..?

 

Steak dan Sosis ala De Ranch

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s