Quote

Di kawasan wisata Candi Borobudur, Magelang, terdapat sebuah rumah makan sederhana yang menyediakan suatu jenis makanan sangat pedas dan sangat unik bernama Mangut Kepala Beong. Jenis masakan yang pasti masih asing terdengar untuk masyarakat di luar Pulau Jawa.

RUMAH MAKAN "SEHATI"

Mangut adalah masakan khas Jawa Tengah yang dibuat dengan menggunakan bumbu-bumbu seperti cabe merah, cabe hijau, lengkuas, bawang merah, bawang putih, daun salam, daun jeruk purut, kunyit, kencur, terasi, merica, garam, dan dicampur dengan menggunakan santan. Ada cara memasak mangut yang cukup unik, yaitu dengan cara memasukkan semua bumbu dan bahan ke dalam kendil yang terbuat dari tanah liat. Sebelum dimasukkan ke dalam kendil, ikan yang akan dicampurkan harus digoreng setengah matang terlebih dahulu untuk mengurangi rasa amis. Memasak dengan cara seperti ini dipercaya akan menimbulkan cita rasa masakan yang jauh lebih enak dari cara memasak biasa, dikarenakan semua bumbu akan meresap dan tercampur secara sempurna. Kendil ini kemudian ditaruh di atas tungku berbahan bakar kayu. Mangut pada umumnya menggunakan ikan jenis air tawar seperti lele, gurame, belut, atau ikan air tawar lainnya.

Masakan mangut yang saya temukan di kawasan wisata Candi Borobudur ini berbahan utama ikan beong/baung atau nama latinnya hemibragus nemurus. Ikan sejenis lele ini beratnya bisa mencapai 10 kg, lebih besar dari seekor lele dumbo. Lele dan Beong ini masih berasal dari satu rumpun yang sama dikarenakan sama-sama memiliki patil/sungut yang tumbuh seperti kumis di ujung hidungnya, berkulit licin, dan hidup di daerah sungai/air tawar. Yang membedakan adalah ukuran dan warnanya yang berbeda, yaitu kuning atau coklat cerah. Tidak seperti lele yang berwarna hitam atau abu-abu. Rasa daging ikan beong sangat gurih dan paling cocok untuk dimasak pedas, seperti mangut kepala beong ini.

Ikan Beong

Kepala beong yang dimasak oleh Ibu Murni, sang pemilik rumah makan ini sangatlah bercita rasa istimewa. Rasanya yang begitu pedas, sangat menantang para penggemarnya. Selera pedas spesial kepala beong, begitulah nama masakannya ini dikenal. Sudah banyak pelanggannya yang berdatangan dari luar Magelang, khusus untuk mencicipi hidangan yang satu ini. Dikarenakan semakin langkanya ikan beong ini, maka untuk menikmatinya Anda harus memesan terlebih dahulu dengan cara menghubungi ke nomor telepon : 0293-5533402. Harga untuk mangut kepala beong besar adalah Rp.25.000,- per porsi, yang cukup untuk dimakan 3-4 orang.

KEPALA BEONG SELERA PEDAS

Apabila Anda berminat untuk mencicipi masakan ini, silakan datang ke kawasan wisata Candi Borobudur, tepatnya di jalan menuju Kecamatan Salaman sekitar 4 km dari Taman Wisata Candi Borobudur. Nanti di sebelah kiri jalan, Anda akan menemukan Warung Makan Sehati yang berada tepat di pinggir jalan utama. Silakan mencoba!

MANGUT KEPALA BEONG

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s