Quote

Barelang adalah singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang. Tiga pulau besar di wilayah Provinsi Kepulauan Riau ini dihubungkan dengan 3 jembatan besar, dan 3 jembatan kecil. Rangkaian enam jembatan ini disebut Jembatan Barelang. Jembatan pertama yang menghubungkan antara Pulau Batam dengan Pulau Tonton ini memiliki struktur bangunan yang sangat indah yang didesain secara khusus oleh Prof. BJ. Habibie. Pembangunan jembatan ini dimulai pada tahun 1992, namun baru terbuka untuk umum sejak tahun 1998.

Jembatan Barelang 1

Di pulau-pulau yang dihubungkan oleh rangkaian jembatan ini, terdapat banyak kelong atau tempat makan yang menjorok ke laut yang menyediakan berbagai macam masakan seafood. Karena saya penggemar berat seafood, sayapun langsung hunting ke sebuah tempat yang sudah dikenal oleh penduduk Batam bernama Restoran Kelong Jembatan 2, Nipah.

Petunjuk yang saya dapat dari penduduk setempat adalah restoran ini terdapat di sebelah kanan jalan setelah melewati Jembatan 2 di Pulau Nipah, lalu jalan masuknya belum beraspal seluruhnya, dan agak sedikit landai. Awalnya saya agak ragu, namun dengan berbekal informasi yang minim tersebut saya pun bertekad untuk mencarinya. Betul saja, tidak jauh dari Jembatan 2 ini saya menemukan jalan yang dimaksud dengan mudah, dikarenakan memang di sana jarang ditemukan jalan bercabang yang bisa dilalui oleh kendaraan bermotor. Begitu berbelok ke jalan tersebut, terlihat tulisan Restoran Kelong Jembatan 2. Dikarenakan bangunannya yang menjorok ke laut, maka tempat ini tidak nampak dari pinggir jalan.  Setelah melewati jalan masuk kurang lebih 30-40 meter, di sebelah kiri saya terlihat restoran yang dimaksud.

Bangunan restoran ini sebagian besar terbuat dari kayu, di mana seluruh bangunannya disangga dengan puluhan bambu dan tonggak beton yang tertancap hingga ke dasar laut. Begitu memasuki ruangan, bau harum masakan dan aroma khas laut terpancar jelas. Di ruangan pertama yang saya temui, terdapat beberapa meja bundar yang cukup besar dan muat untuk menjamu 10 orang. Sedangkan di sebelah dalam lagi saya melihat ada beberapa ruangan terbuka yang langsung menghadap ke laut lepas. Sangat romantis, apalagi ditambah dengan pemandangan Jembatan 1 yang sangat indah itu dari kejauhan.

Di tengah restoran tersebut terdapat beberapa kolam yang berisi berbagai jenis binatang laut seperti udang, kepiting, siput, gonggong, kerapu, baronang, lobster, cumi, dan masih banyak lagi. Bahkan ada sejenis ikan besar dan langka bernama ikan napoleon yang memiliki warna hijau dan biru cerah serta memiliki panjang kurang lebih 1 meter. Ikan mirip tuna ini dibandrol dengan harga Rp. 2 juta per ekor. Wow. Dikarenakan kolam tersebut dibuat dari jaring-jaring yang dimasukkan ke dalam air laut, maka binatang laut yang ada di dalamnya masih hidup dan bergerak dengan leluasa. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kesegaran sehingga menambah rasa dari masakan yang mereka hidangkan.

Tak sabar rasanya ingin segera mencicipi semua masakan yang ada di sana. Serunya lagi, saya diperbolehkan mengambil sendiri jenis ikan yang saya mau dengan menggunakan ember yang diberi tali untuk “menimba” calon santapan saya tersebut. Lalu pramusaji di sana membantu saya menimbang serta mencatat jenis masakan yang saya mau. Udang goreng mentega, cumi bakar, kerapu goreng, dan kangkung belacan saya pilih sebagai menu saya siang itu. Tak lupa, sayapun memesan Air Kelapa Muda yang diberi campuran jeruk nipis. Saya juga diperbolehkan untuk melihat proses membersihkan ikan dan melihat para koki di situ memasak. Sayang sekali, karena saya tidak tahan dengan bau pedas dari bumbu yang sedang digoreng oleh sang koki maka saya memutuskan untuk keluar dari dapur.

Kurang lebih setengah jam kemudian, pesanan sayapun datang. Sikkaatt…! Rasanya, mmhh mmmhhh mmmhhh sungguh luarrrr biassaa. Untuk seluruh hidangan ini, saya hanya perlu merogoh kocek tidak lebih dari 200 ribu rupiah. Perut kenyang, mata terang, hati senang. So, tertarik untuk mencoba?

Hunting Seafood di bawah Jembatan Barelang

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s