Quote

Pasti bingung kan dengan judul di atas? Ya, air mata kucing yang saya maksud di sini bukanlah air yang diteteskan oleh kucing di saat galau. Tetapi ini adalah nama sebuah minuman yang saya temui di kawasan Petaling Street, Kuala Lumpur, Malaysia.

Cuaca di Kuala Lumpur tidak jauh berbeda dengan cuaca yang sering kita alami di Jakarta. Panas terik. Cuaca seperti ini tentu saja membuat mulut terasa senantiasa kering dan haus. Kalau sudah begitu, yang dicari pastilah minuman yang segar dan dingin.

Salah satu minuman yang menarik perhatian saya adalah Air Mata Kucing ini. Disebut demikian karena orang Malaysia menyebut buah longan atau kelengkeng dengan nama Mata Kucing. Hal ini dikarenakan biji buah longan atau kelengkeng yang berwarna hitam dan dibalut dengan daging buah longan yang bening tersebut mirip dengan mata kucing pada umumnya. Unik, bukan?

Di sebuah perempatan di kawasan Chinatown, terdapat sebuah kios yang menjual minuman segar ini. Sayapun tertarik untuk mencoba. Saya lihat sudah banyak pembeli yang berkerumun di depan gerobak penjualnya. Jadi, saya harus sabar mengantri demi mendapatkan segelas air mata kucing pelepas dahaga. Untuk segelas air mata kucing ini mereka membandrol harga sebesar RM 1.50 saja, atau sekitar Rp.4.500,-.

Setelah tiba giliran saya, karena didorong oleh rasa haus yang amat sangat, dengan sigap saya mengambil segelas air mata kucing dari tangan penjualnya dan tanpa ragu-ragu lagi langsung meneguknya hingga habis. Begitu air tersebut mengalir di lidah dan tenggorokan saya, rasanya “nyeess….”. Segar. Campuran dari buah longan, gula, caramel, dan irisan cincau ini segera menghapus dahaga yang tadi saya rasakan. Badan terasa segar kembali, sehingga membuat saya lebih bersemangat menelusuri tempat-tempat yang ada di Kuala Lumpur ini.

AIR MATA KUCING

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s