Quote

Extreme Culinary ala Thailand memang sangat menarik untuk dibahas. Ada bermacam jenis makanan yang memiliki bahan dasar tidak lumrah bagi ukuran masyarakat umum, dari tawon yang mematikan, hingga larva bambu yang hidup di antara semak belukar di daerah Mae Hong Son — sebuah provinsi di sebelah utara Thailand. Tidak hanya itu, masyarakat di sekitar Provinsi Trang memiliki kebiasaan memakan makanan yang berbahan dasar ulat sutra dan belalang.

Kebiasaan orang Thailand memakan binatang-binatang yang tidak lazim ini merupakan kebiasaan yang sudah diwariskan dari nenek moyang mereka secara turun temurun. Mereka bahkan percaya bahwa kandungan gizi yaterdapat pada larva bambu, tawon, ulat sutera, dan belalang sangatlah tinggi dan baik untuk kesehatan, terutama meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit.

Salad Bunga Goreng

Bunga-bungaan juga merupakan bahan dasar masakan yang sering digunakan sebagai menu makanan mereka sehari-hari. Salad bunga goreng, misalnya, adalah sejenis salad yang terbuat dari bunga-bungaan segar yang digoreng dan dicampur dengan bahan-bahan lain, seperti butiran jagung manis, selada,wortel, bawang merah, dan lain-lain. Apabila Anda ingin mencobanya, Anda bisa datang ke restoran Vegetarian yang ada di hampir semua provinsi di Thailand, dikarenakan memang semua bahan dasarnya tidak sedikitpun menggunakan daging.

Cara memasak mereka pun terkadang sangat unik. Untuk memasak seekor lele misalnya, mereka mencampur lele yang sudah diberi bumbu tersebut dengan rempah-rempah dan sayur-sayuran yang banyak terdapat di sekeliling mereka. Campuran ini kemudian dimasukkan ke dalam bambu, lalu bambu tersebut dimasukkan ke dalam tungku perapian hingga matang sempurna.

Kepala Babi yang dimasak di dalam tungku bawah tanah

Jeroan Daging Babi

Orang Thailand sangat gemar menyantap makanan berbahan dasar daging babi. Jadi hampir di semua masakan mereka terdapat campuran daging, jeroan, bahkan lemak babi yang membuat masakan mereka mengeluarkanaroma dan rasa gurih yang sangat khas. Untuk memasak menu masakan Muu Yang yang sangat terkenal di Provinsi Trang, penduduk memasak daging ini dengan menggunakan oven yang dibangun di dalam tanah, sehingga masakan akan matang secara sempurna dan kenikmatan rasanya pun sangat terasa.

Daging Babi yang difermentasi dan dimasak pedas

Soup Ikan Asam Pedas

Tidak hanya bahan dasarnya yang unik, kuliner ala Thailand ini memiliki ciri khas yang sangat mencolok terutama dari rasanya yang sangat pedas, manis, dan asam. Jadi, bagi Anda yang memiliki perut sensitif harap berhati-hati dalam menyantap masakan dari negeri Siam ini. Bumbu yang sering dijumpai adalah serai, asam jawa, daun jeruk, cabai rawit, jahe, susu (sebagai pengganti santan), tomat, dan juga seledri yang menjadi ciri khas di hampir semua masakan Thailand.

 

THAI EXTREME AND BIZARRE FOODS (Part 2)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s